Sunday, July 5, 2015

PERKEMBANGAN JAMAN DAN TEKNOLOGI = IMAN YANG KUAT??



Seiring berkembangnya semua hal menjadi maju sercara cepat. Dari dulu handphone masih jadul dengan ukuran besar yang mempunyai antena, dari dulu semua dimasukan dalam kepingan cd dan sekarang handphone bentuk dan tipe apa saja dengan bentukan fisik yang semakin indah di mata. Dan dari dulu komunikasi hanya bisa kita lakukan lewat surat menyurat, telefon, sms. Sekarang bisa kita lakukan dengan bbm, wa, line, bahkan video call.
Tapi pernahkah terbesit di batin kita “kuatkah iman kita menghadapi kemajuan jaman dan teknologi yang ada”.. karena sering kita melihat ada banyak hal negatif dari kemajuan jaman dan teknologi yang ada baik dari segi kesehatan ataupun dari segi sosial.
Jelaslah kemajuan jaman dan teknologi yang ada sekarang ini banyak menimbulkan hal negatif bagi kesehatan kita. Tapi disini saya merasa jika yang akan lebih berdampak buruk adalah dari segi sosial. Karena jika dari segi kesehatan pastilah sebuah gangguan kesehatan atau penyakit pasti aka ada obatnya sedangkan hal negatif dari segi sosial belum tentu ada obatnya bahkan untuk diobati.
Seperti contoh kecil dari segi sosial jika idul fitri saja orang-orang lebih nyaman untuk bersilahturahmi atau meminta maaf lewat teknologi wa, bbm, line, dll dibanding tatap muka langsung. Jelas hal ini merupakan dampak buruk kemajuan jaman dan teknologi dari segi sosial. Dengan seperti itu adakah obat yang dapat menyembuhkannya??. Itu baru hal kecil saja masih ada banyak hal besar yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Seperti kita sering temui adanya perselingkuhan yang marak akibat dampak dari kemajuan jaman dan teknologi yang menyebabkan perceraian, konflik perebutan anak, harta, penelantaran anak. Pernah tidak kita berpikir dari hal sekecil itu dampaknya begitu besar bagi kehidupan kita. Perselingkuhan salah satunya awalnya mungkin kita hanya melakukan kegiatan biasa saja lewat jejaring sosial atau medsos dengan chating atau berkirim foto dan saling melempar komenan yang bernada guyon tapi lama kelamaan kita akan merasa nyaman dengan hal itu dan kita mencoba untuk memulai suatu hal yang baru yang nyata bukan hanya sekedar chating, dan al hasil terjadi sebuah perselingkuhan itu.
Pernah berpikir “apa yang salah kok bisa terjadi hal itu? Atau pernah berpikir kan hanya sekedar mengikuti perkembangan jaman dan teknologi gak aneh-aneh”. Iya tidak ada yang salah jika kita sekedar mengikuti perkembangan jaman dan teknologi yang ada. Tapi seharusnya yang perlu kita ingat kemjuan jaman dan teknologi yang ada bukanlah tumpuan pokok dalam hidup yang harus kita utamakan masih ada hal yang lebih utama seperti keluarga, pekerjaan, pendidikan, dan ibadah. Dan yang harus kita lebih ingat kemajuan teknologi dengan maraknya aplikasi-aplikasi yang memungkinkan kita mengakses siapa saja dan dimana saja seperti bbm, wa, path, instagram, dll. Harus diperkokoh dengan satu hal yaitu “IMAN”  karena dengan kuatnya iman kita walaupun kita dihadapkan dengan perkembnagan jaman dan teknologi yang cepat kita tidak akan pernah terbuai dengan hal tersebut.  Dan dari segi sosial sendiri imanlah yang menjadi obat dan penolong kita dalam menghadapi perkembangan jaman dan teknologi yang semakin cepat.

No comments:

Post a Comment