Sunday, July 5, 2015

Pengertian pendidikan menurut para ahli


 
George F.Kneller (ed) dalam buku yg berjudul:  foundations of education (1967:63),
     Pendidikan adalah suatu tindakan atau pengalaman yg mempunyai pengaruh  yg berhubungan dengan pertumbuhan atau perkembangan jiwa, watak, atau kemampuan fisik, individu.

demans a qualitative concept of experience” (Frederick mayer,163:3-5).
 Pendidikan adalah proses dimana masyarakat melalui lembaga-lembaga pendidikan (sekolah,perguruan tinggi atau lembaga-lembaga lain),dengan sengaja mentransformasikan warisan budaya, yaitu pengetahuan, nilai-nilai dan ketrampilan-ketrampilan dan generasi ke generasi

Jhon dawai dalam bukunya: democracy and education( 91950:89-90)
Pendidikan adalah rekontruksi atau reorganisasi pengalaman yg menambah kemampuan untuk mengarahkan pengalaman selanjutnya.

Jhon s.brubacher dalam bukunya: modern philosopihies of education (197&:371).
     Pendidikan adalah proses dalam mana potensi-potensi , kemampuan-kemampuan, kapasitas- kapasitas  manusia yg mudah  di pengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan , disemurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan  yg baik , dengan alat (media) yg di susun  sedemikian rupa , dan digunakan  oleh manusia untuk menolong orang lain atau dirinya sendiri dalam mencapai tujuan-tujuan yg ditetapkan.

G.terry page,j.b. Thomas dan AR. Marshall  dalam international  dictionary of education (1980:112)
     pendidikan adalah proses pengembangan kemampuan dan prilaku manusia secara keseluruhan.

Carter v.good dalam dictionary of education (1945: 145).
a.  Pendidikan adalah keseluruhan  proses dimana seseorang  mengembangkan kemampuan,sikap, dan bentuk –bentuk  tingkah laku lainnya yg bernilai positif  dlm masyarakat dimana dia hidup.
b.  Pendidikan adalah proses dimana  orang dihadapkan pada pengaruh lingkungan yg terpilih dan terkontrol ( khususnya yg dating dan sekolah), sehingga dia dapat memperoleh atau mengalami perkembangan kemampuan social dan kemampuan indifidu yg optimal.

Ki hajar dewantara (1977:20).
     Pendidikan yaitu tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, maksudnya pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yg ada pada anak-anak itu, agar mereka  menjadi manusia  dan sebagai anggota masyarakat  dapatlah mencapai keselamatan da kebahagian  yg setinggi-tingginya.


UU no. 20 thn 2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan  sepiritual keagamaan, pengendalian diri , kepribadian, kecerdasan , akhlak mulia, serta ketrampilan yg di perlukan dirinya ,masyarakat, bangsa dan Negara.







No comments:

Post a Comment