George
F.Kneller (ed) dalam buku yg berjudul:
foundations of education (1967:63),
Pendidikan
adalah suatu tindakan atau pengalaman yg mempunyai pengaruh yg berhubungan dengan pertumbuhan atau
perkembangan jiwa, watak, atau kemampuan fisik, individu.
“ demans a qualitative concept of experience” (Frederick mayer,163:3-5).
Pendidikan adalah proses dimana masyarakat
melalui lembaga-lembaga pendidikan (sekolah,perguruan tinggi atau
lembaga-lembaga lain),dengan sengaja mentransformasikan warisan budaya, yaitu
pengetahuan, nilai-nilai dan ketrampilan-ketrampilan dan generasi ke generasi
Jhon
dawai dalam bukunya: democracy and education( 91950:89-90)
Pendidikan adalah
rekontruksi atau reorganisasi pengalaman yg menambah kemampuan untuk
mengarahkan pengalaman selanjutnya.
Jhon s.brubacher dalam bukunya: modern philosopihies of
education (197&:371).
Pendidikan
adalah proses dalam mana potensi-potensi , kemampuan-kemampuan, kapasitas-
kapasitas manusia yg mudah di pengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan ,
disemurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan
yg baik , dengan alat (media) yg di susun sedemikian rupa , dan digunakan oleh manusia untuk menolong orang lain atau
dirinya sendiri dalam mencapai tujuan-tujuan yg ditetapkan.
G.terry
page,j.b. Thomas dan AR. Marshall dalam
international dictionary of education
(1980:112)
pendidikan
adalah proses pengembangan kemampuan dan prilaku manusia secara keseluruhan.
Carter
v.good dalam dictionary of education (1945: 145).
a. Pendidikan adalah
keseluruhan proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan,sikap, dan bentuk
–bentuk tingkah laku lainnya yg bernilai
positif dlm masyarakat dimana dia hidup.
b. Pendidikan adalah
proses dimana orang dihadapkan pada
pengaruh lingkungan yg terpilih dan terkontrol ( khususnya yg dating dan
sekolah), sehingga dia dapat memperoleh atau mengalami perkembangan kemampuan
social dan kemampuan indifidu yg optimal.
Ki
hajar dewantara (1977:20).
Pendidikan
yaitu tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, maksudnya pendidikan adalah
menuntun segala kekuatan kodrat yg ada pada anak-anak itu, agar mereka menjadi manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan da
kebahagian yg setinggi-tingginya.
UU
no. 20 thn 2003
Pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan sepiritual
keagamaan, pengendalian diri , kepribadian, kecerdasan , akhlak mulia, serta
ketrampilan yg di perlukan dirinya ,masyarakat, bangsa dan Negara.
No comments:
Post a Comment