Sunday, July 5, 2015

Rowo Ngeden 35 Wonosari



Rowo ngedent adalah sebuah rawa yang terletak di desa 35 wonosari kecamatan pekalongan kabupaten lampung timur provinsi lampung. Kenapa rawa tersebut bernama “Rawa Ngeden”..? mungkin karena jalan yang menanjak yang melewati rawa tersebut. Ketika saya masih kecil, sumber mata air di rawa tersebut masih banyak pohon-pohon waru yang tumbuh besar di pinggir-pinggir aliran sungai, tapi seiring berjalannya waktu pemerintah melakukan perbaikan aliran sungai dan rawa tersebut, sekarang sumber mata air begitupun pohon-pohon sudah tidak ada lagi.
rowo ngeden adalah salah satu jalur penghubung antara desa 35 wonosari dengan 28 purwosari atau kampung badran, tidak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat suatu bangunan pondk pesantren yang di bangun pada awal tahun 2000an.
dahulu nama rowo ngeden sangatlah tidak asing untuk di dengar oleh masyarakat setempat bahkan sampai luar daerah tersebut, mungkin sekarang sudah banyak perubahan pada lokasi tersebut dimana yang dahulunya rawa, tegalan, dan sawah sawah kini sekarang di alih fungsikan menjadi perkebunan sawit dan karet sehingga nampak rindang nan sejuk, sehingga sampai saat ini masyarakat setempat sudah bisa merasakan hasil dari perkebunan karet dan sawit tersebut sehingga petani di lokasi itu mayoritas beralih dari bercocok tanam palawija ke perkebunan.
semakin maju dan berkembang mengikuti perkembangan zaman rowo ngeden sekarang mungkin sudah mulai nampak sepi para pengguna jalan nya, di karenakan sudah banyak akses jalan" jalan lain yang lebih bagus dari jalan rowo ngeden tersebut meskipun jaraknya memutar agak lebih jauh untuk menuju pasar templek, dahulu seorang lebih memilih melewati jalan rowo ngeden di bandingkan lewat jalan lain karena rowo ngeden jalan alternatif terpendek dan ramai para pengguna jalan, meskipun dahulu masih berupa jalan tanah yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah,

No comments:

Post a Comment